jump to navigation

RAHASIA PSYCHO TEST March 27, 2008

Posted by Febra in Other World's.
trackback

psiko tes

Buat orang-orang yang baru lulus kuliah kemudian melamar pekerjaan atau new job seeker lainnya, kebanyakan dari mereka menganggap bahwa tes psikologi merupakan suatu momok. Banyak yang sudah down ketika mehadapi tes psikologi itu belum ditambah lagi banyaknya para pesaing yang merebutkan posisi tersebut. Semakin profesional suatu perusahaan semakin susah tes psikologi yang akan dihadapi.

Berbagai macam tipe tes psikologi yang dilakukan. Mulai dari tes wawancara, FGD, menggambar, hitungan, pandang dimensi dan entahlah apalagi istilah orang-orang psikologi menyebutnya. Nah saya akan membagi sedikit rahasia tentang tes psikologi nih (berdasarkan pengalaman saya sendiri), mudah-mudahan membantu dan ga diamuk tim psikologi dari manapun karena saya telah membeberkannya disini, hehehe.

Biasanya pertama kali akan disuruh menceritakan tentang diri anda sendiri (kalau pesertanya banyak biasanya dibagi dalam beberapa kelompok). Ceritakanlah tentang anda sedetailnya juga tentang anggota keluarga kalian secukupnya, mulai dari berapa saudara pekerjaannya apa begitu juga dengan kedua ortu, karena kedeketan dengan anggota keluarga sangat penting bagi orang-orang psikologi

Kalau disuruh menggambar orang, gambarlah diri anda sendiri. Jangan menggambar orang lain apalagi kartun. nanti akan disuruh menulis ‘siapakah yang anda gambar? dan umurnya berapa serta apa yg sedang dia lakukan?” nah, kalian bisa mejawab dengan mudah dan berarti anda sangat mengenali diri anda sendiri

Biasanya ada saja cara tim psikologi untuk ngetes kujujuran pesertanya. Misal ada 50 soal, ternyata nomor 49 mereka sudah menghentikannya. Jadi jangan pernah menyolong start untuk mengisi soal no 50 walaupun sudah tahu jawabannya

Denger-denger juga nih, kalau waktu anda ditanya dan butuh waktu buat berpikir, sebaiknya sambil berpikir mata anda tetap fokus ke orang yang bertanya atau kalau mau melirik, meliriklah kearah sebelah kanan, jangan ke arah sebelah kiri

Intinya setiap tes yang dilakukan penuh dengan arti. Semoga saja apa yang dikerjakan bukanlah suatu yang fatal sehinga bisa lolos tes psiko tersebut. Pe-De aja lagi menghadapi tes psikologi.

Semoga bermanfaat :)

About these ads

Comments»

1. elyswelt - March 27, 2008

bagus nih buat yg mau ngelamar kerja.

buatku paling enak sih kerja di tempat sendiri, nggak ada yg ngatur2 atau ngetes , bebas merdeka :P

2. deteksi - March 27, 2008

wew…

kalo disuruh gambar pohon, pohon yang gimana yang bagus?

kalo disuruh membuat gambar dari beberapa titik, itu maksudnya apa?

kalo pauli, njumlahin angka2, itu buat apa?

dari beberapa prikotest yang pernah saya ikuti, hampir semua melelahkan!!! uuugghhhh………

3. Febra - March 27, 2008

@ elyswelt : kekekeke, ya iyalah..namanya juga kerja dit4 sendiri, mana ada yg nyuruh2 :P

@ deteksi : utk pohon, setiap bentuk akar ada artinya, begitu juga dengan daun atau cabang, dikasih buahpun ada artinya..dibuat dalam 3D pun beda artinya..panjang euy klo diceritain..membuat gambar dari beberapa titik itu menguji daya kreativitas kita untuk mengembangkan suatu masalah…njumlahin angka itu yang penting stabil bro klo bisa meningkat :cool: …ya memang melelahkan tes psiko itu :D

4. devari - March 27, 2008

lah klo ga bisa gambar gimana nih? orat oret bisa?
hehe dak pernah tes psikologi niy

5. [D2R3D2] - March 28, 2008

wah terimakasih advicenya mas…
klo saia pas gambar ituh nggambare meja, kursi, lemari,
meja makan, tempat tidur itu apa artinya ya mas feb?

6. Artana - March 28, 2008

Wah…tip dari psikolog nih, artikelnya bagus!

7. oliveoile - March 28, 2008

Waktu tes gambar orang dulu. Dapat bocoran bahwa itu menentukan kedekatan kita dengan seseorang. Misalnya gambar wanita, bisa diartikan bahwa orangnya memiliki hubungan yang dekat dengan ibunya.

8. pratanti - March 28, 2008

hehehe… saya suka dengan ungkapan di atas:
Intinya setiap tes yang dilakukan penuh dengan arti.
Ya iya lah… ngapain juga ngadain tes kalo cuma buat iseng-iseng aja, tanpa arti ;) mau tes psikologi, tes bahasa inggris, tes matematik, tes ngambil sim, semuanya pasti ada artinya kan? :P

Kalo menurut saya nih ya… rahasia psikotes itu adalah:
“Kerjakanlah hal-hal yang diinstruksikan (sesuai instruksi) dan JANGAN mengerjakan hal-hal yang tidak diinstruksikan”.

Jadi… yang penting adalah dengerin instruksinya baik-baik :lol:

9. tehaha - March 28, 2008

belum pernah ikut psikotes mas..
jadi terimakasih infonya…
bermanfaat sekali, seaktu-waktu saya ikut test nanti.. :)

10. ridu - March 28, 2008

Hwaaaa… tengs banget yah feb.. pasti ini bermanfaat banget ntar kalo udah lulus nguli..

11. chic - March 28, 2008

soalnya kalo dari buku psikologi yang pernah saya baca, pandangan mata yang menatap ke kanan atas ketika sedang berusaha mengingat-ingat sesuatu berarti orang itu sedang berusaha mengingat sesuatu yang benar-benar terjadi, tapi kalo pandangan mata ke kiri bawah berarti sedang berusaha mengingat sesuatu tapi boong alias mo ngarang… gituuuuuu….

tips nya bagus juga.. hihihihi.. udah lama ga ikutan psiko tes :P

12. Febra - March 28, 2008

@ devari : hehehe, gambar tes psiko itu bukan masalah bagus atau tidaknya gambar bro..

@ dede : berarti dia desainer furniture..wakakaka *nyindir nih :P

@ artana : thankyou..tapi saya bukan orang psiko kok, hehehe

@ oliveoile : itu kalau disuruh gambar rumah, orang dan pohon sis..kedekatan antara bapak dg ibu..kalau saya mesti ditengah2, hehehe

@ pratanti : wah, orang psikonya datang, kekekeke :D

@ tehaha ; semoga bermanfaat ;)

@ ridu : oke deh, sip :cool:

@ chic : kekekeke..kamu benar sis ;)

13. S a k t i - March 28, 2008

kalo saya ditanya dan perlu waktu berpikir… kalo yang nanya (test) nya cewek saya akan memandang lurus ke mbaknya agak ke bawah sedikit dengan tatapan mata penuh dengan mistery biar yang tanya jadi risih sendiri… :))

14. nita - March 28, 2008

jadi ingat dulu waktu disuruh gambar orang dan pohon. utk gambar pohon katanya sebaiknya akar dan batangnya kokoh…untungnya dulu juga dapat bocoran, jadi gak bingung

15. [D2R3D2] - March 28, 2008

bukan dede …
psssttt …. [D2R3D2]

gak nyindir, ituh artinya orangnya siap nikah
udah mikir perabotan rumah tangga dll …

makanya dengerin instruksinya *mbak pratanti mode*

mas saia tunggu undangannya …
dan doain aku juga yach ;)

16. Anastasiarta - March 29, 2008

gile, ternyata saya keliwatan 2 post setelah berlama2 bertapa *hehe*
Saya ga pernah takut sm tes psikologi takutnya sama tes ballet hehe …=(

17. anna - March 29, 2008

wah… febra telat,, aku dah ikut psikotest beberapa kali…. ga ngerti apa artinya… ikut jawab ajah. :D Jawab suka-suka, ga mikir maksudnya apah hihihihi….

18. vcrack - March 29, 2008

bermanfaat bgt tips nya. tapi saia agak kurang gerti dengan tips yang terkahir. mengapa gak boleh nengok kiri? padahal kan dikata klo jalan disebelah kiri.

nggak nyambung yah? hahahaahaaaaa..

19. Febra - March 29, 2008

@ sakti : wakakakaka..mas sakti nakal :lol:

@ nita : oke deh, sip :cool:

@ dede : huahahahaha..dasaar, tau aja…jadi kamu mau nikah nih? kekeke …*pura2 ga ngeh apa yang kamu bilang :P

@ Ajeng : jadi apa nih hasil bertapanya? :D

@ anna : waduh, maafkan..tapi setidaknya buat yg besok2 dah tau tricknya ;)

@ vrack : kekeke..ga nyambung bgt bro :P

20. zakiyah umami - March 30, 2008

thanks ya feb. febra bilang kan gambar diri sendiri aja, maksudnya gambar diri kita dengan tulisan atau dengan gambar? yang dimaksud ujian angka itu gimana feb? ampe sekarang aku masih gak ngeh deh.harus konstan, emang bentuk ujiannya kayak gimana ya?
sory nih masalahnya aku belum pernah ujian psikotes :)

21. ika - March 30, 2008

wah aku lum pernah psikotest neh mbak,, dulu masuknya ke pabrik ini juga cuman wawancara langsung,,hehe..makasih ya mbak tips na moga2 entar berguna kalo pas ngelamar gawean baru.. :)

22. pink - March 30, 2008

iya neh, lom pernah ikutan psikotest. gimana ya rasanya?

23. Febra - March 30, 2008

@ zakiyah : ya nnati disuruh gambar orang, kamu gambar aja kamu. Gambar ini bukan msalah baik atau buruknya cara orang menggambar tapi dilihat dari penyampaian gambar tersebut…kalau yang angka-angka itu biasanya disuruh njumlahin angka yang paling belakang, misal dalam 3 menit kamu dapat jumlahin 15 nomor, seharusnya dalam 3 menit berikutnya kamu bisa lebih njumlahin dari 15 nomor. Dengerin aja instruksinya sis pasti entar kamu jelas ;)

@ ika : oke deh sip :cool: ..tapi aku mas loh bukan mbak, hehehe :D

@ pink : berjuta rasa pink kalau ikutan tes psiko itu, campur aduk, kekeke :lol:

24. ndokceplok - March 30, 2008

Waduh psikotes di Indonesia… mending liat yang ngetes dari pada ngejawab testnya… :D

25. benazio - March 31, 2008

di usm itb juga gini ..

udah gw research segala macem bentuk testnya .. udah di praktekin .. tapi ga dapet juga huhuhuhuhuhuhuhuhuuuuu ..

emang harus pake jalan masuk yang biasa aja kali ya hehe lebih menantang .. ^^

26. luhde - April 1, 2008

astaganaga, ternyata begitu maksudnya. Kalau saya sih lebih positif menilai orang kalau menggambar orang lain bukan malah diri sdiri. kadang2 ilmu psikologi itu anti sosial.

27. Febra - April 1, 2008

@ ndok : wakakaka…bisa aja :P

@ benazio : kekekeke…betul juga kamu bro ;)

@ luhde : yups..emang begitu :cool:

28. oLiK_master - April 4, 2008

wah bagus ni info bwt temen2 kita yg butuh rahasia tes ini…
buat semua yg ada pengetahuan kyk febra mari berbagi info buat sesama kt….mudah2n kita mendapatkan balasan dr yg diatas..amin.

29. pratanti - April 5, 2008

ups… membaca komentar terakhir di atas, saya kok jadi khawatir ya :(
rasanya info di atas tidak sepenuhnya benar…

berbagi pengetahuan tentu sangat disarankan dan akan sangat bermanfaat, namun kalau hal yang disampaikan tsb kurang benar, tentu hasilnya juga tidak membawa kebaikan.

*maaf ya Feb, ini hanya pandangan pribadi saja*

30. Febra - April 5, 2008

@ olik : cuma berbagi saja bro ;)

@ pratanti : ohh..ga masalah mbak..nyantai aja :)

31. Umbro - April 15, 2008

jangan kuatir sudah ada tuh ebook dalam bahasa indonesia yang membongkar tuntas masalah tes psikologi, seperti tes dapt,wartegg dan pauli itu lho tes gambar pohon, orang, rumah dan 8 kotak gambar , mudah- mudahan anda bisa lolos tes CPNS/BUMN/PMA dll kata temen saya bukunya lagi di patentkan, kemarin edisi undergroundnya udah beredar di kalangan temen deket dan nggak dijual :) :)
bukunya akan dirilis awal Mei di situs. LULUSTES.COM
semoga berguna ! buat yang nyari kerja !

32. nana - April 24, 2008

Emang benar kalo disuruh menggambar orang, gambar diri sendiri saja. Salah satu pengalamanku waktu tes untuk calon manajer junior di salah satu perusahaan swasta : kita disuruh menggambar orang. Waktu itu sih saya menggambar sosok perempuan yang saya bayangkan adalah diri sendiri. Beberapa peserta menggambar orang yang jenis kelaminnya beda dengan dirinya sendiri. Si pengawas ujian lalu menyuruh mereka untuk mengganti dengan gambar yang jenis kelaminnya sama dengan yang bersangkutan. Kemudian ada pertanyaan mengenai orang yang ada di gambar, seperti : namanya siapa? Aktivitasnya apa? Di gambar itu dia mau kemana? dll.
Tapi rejekiku bukan di perusahaan itu. Sekarang malah keterima di instansi pemerintah

33. Febra - April 24, 2008

@ nana : oke deh..kereeeeen, sukses ya non :cool:

34. yellashakti - April 25, 2008

bener loh,,,
terutama soal gambar,,,
saya pernah gambar guru berjilbab sedang mengajar bahasa inggris,,
saya ditanya kok ngajarnya inggris kan km lulusan kimia,,,
saya jawab aja,,,
saya bisa mengajar bahasa inggris selain mengajar kimia,,,
gt jwbnya,,,saya sebenarnya diterima,,,tapi berhubung gak boleh keluar pulau jawa ma ortu,,,terpaksa saya tolak dengan cara mengajukan gaji yang lebih besar dari yg ditawarkan pihak yayasan,,,
belom rezeki,,,

35. Febra - April 26, 2008

@ yellashakti : wah-wah, keren juga tuh pengalamanmu.

saya terkahir ikut tes psiko itu 3.5 tahun lalu buat TOYOTA. semua tes psiko dah lolos. tapi gagal diowner karena ga mau ambil resiko menerima saya dan harus ngajarin semua dari nol..maklum ga da basic mesin dan elektro saya, wakakakaka

setelah itu ga ada lagi yg namanya ikut tes psiko..maklum on recommanded..*sombong mode ON, hehehe

36. congo ijo - May 3, 2008

brother febra bentar lagi aku da test psikologi dr prshn rokok ternama, kalau untuk perusahaan yang bergerak di bidang cigarete dan dah ada bocoran bakal disuruh gambar orang dan pohon, enaknya pose orang dalam gmbr yang gimana?kan mwakili diri sendiri….gmn klo cowk sdg meluk SPG?lha klo pohon….?doa’in ktrima yach…..

37. Febra - May 4, 2008

wakakaka…masa gambar orang sambil meluk SPG bro..dasar, ka,u ngerokok ga? gambar aja sambil ngerokok sampoerna/marlboro, hehehe

semoga keterima brooo..amiin :cool:

38. deded - May 26, 2008

aku mau tes psiko,yang aku nggak ngerti tentang test gambar.pernah liat contohnya aku binggung,bisa ngasih xampel nggak

39. undha - June 21, 2008

kalo nanti aq tes trus d suruh gambar, aq bagusx gambar apa ya? … coz aq agak sulit klo disuruh gambar. Pdhl minggu dpn aq tes psiko di perusahaan asuransi. Tolongin dong…Tengkyu…

40. Febra - June 21, 2008

@ undha : biasanyakan kalau disuruh gambar ada perintahnya dari tim psikonya buat nggambar apa..jangan takut, gambar itu bukan dilihat dari bagus atau tidaknya, seorang pelukispun belum tentu lulus tes menggambar..pe de aja ya :)

41. utchanovsky - June 22, 2008

Nice share Mas

42. andi - July 15, 2008

mas tolongin saya nih mas udah berkali2 test psikotes tapi gak lulus2…
tips nya sih dah dapet dari bacaan diatas….thank ya…
tapi ada yang lain lagi nh, ada soal yang kita di berikan beberapa pernyataan dan kita harus harus milih “salah satu” apa yang paling sesuai dengan diri kita dan apa yang paling tidak sesuai dengan diri kita..
saya suka bingung mas soalnya kadang diantara pilihannya ada yang semuanya paling sesuai dan ada juga semuanya paling tidak sesuai dengan diri kita…
nah pertanyannya mas:
1. apa kita ngisinya harus jujur atau dicari plihan yang terbaik walaupun tidak sesuai dengan diri kita?
2. lebih baik diisi semua walaupun tidak sesuai atau jangan diisi aja mas.
please jawab ya mas…
thanks

43. pratanti - July 16, 2008

ikut urun rembuk ya Feb…

@andi,
1. tentunya jawaban yang terbaik adalah jawaban jujur, jawaban yang sesuai dengan hati nurani :)
2. untuk soal-soal memilih yang seperti itu, memang suatu keharusan untuk mengisi seluruh soal (supaya datanya bisa diolah dengan benar)
mudah-mudahan membantu :D

44. Febra - July 17, 2008

@ andi : tuh dah dijawab sama mbak Pratanti yang notabene orang psycolog :)

@ pratanti : makasih ya mbak… :cool:

45. chalz - August 4, 2008

klo tes yg itungan yg smpe slembar koran ntu jwbny hrz bnr smw tw bisa g ngaşal2 dikit ??

46. tea-a - August 12, 2008

mas tolongin aq dunk…dah berkali2 aq ikut tes psiko tp g pernah lulus2.Sbntr lg aq ad psikotes d salah satu bank swasta tapi aq dah parno duluan hbs aq sering gagal.Sebelumny aq dah pernah ikut tes d bank lain.Bnyk bgt tes psiko yg harus aq lewati salah satunya aq suruh menghitung angka2 yg bnyk jumlahny tanpa menggunakan alat bantu.Klq boleh aq minta tips2 biar sukses dlm tes psiko terutama dalam hal berhitung.
thx b4..

47. Mbak Dewi - August 14, 2008

Kumpulan lengkap materi psikotes kunjungi saja http://modulpsikotes.blogspot.com/

48. warmorning - August 25, 2008

kayaknya psikotest lebih banyak ke uji daya khayal yah ? mangkanya saya lulus terus huhuhuhu

49. devito - October 22, 2008

wah..pembocoran informasi psikologi nih!!!!!

50. emji - October 24, 2008

Thanks banget…
nice sugesstion…

51. acep - November 9, 2008

Hai ni gw,

52. EL mamang - May 21, 2009

test gamabar,kadang analisany ga masuk diakal masa klo ganbar dikri ktny ga percy diri,(mentang -mentang malaikat yg nyatet dosa ad di kiri) trus klo gmbr orang klo bahuny sbelah pnilainny jelek ,,gmana klo kaga bisa gmbr.trus wartegg test,, ada stimulus klo stimulusny teknikal or non organik digambr organik ada gangguan.,.,lawongny namana kreatipitas ga bisa dibatasi sperti itu.lier euyy..

Febra - July 22, 2009

hahahaha..emg tes psiko kadang2 ga masuk akal bro :))

53. Dody F9 Torres - July 22, 2009

keren nih infonya..sipp buat lamaran saya nanti

Febra - July 22, 2009

semoga bermanfaat bro :)

54. reza - July 24, 2009

slam knal bro..ah klw cr ngrjaen test yang gmbr kbus2 tuh gmn..???kmren ku ssh bgt ngrjaennya..ksih triknya yaw.thanks

55. Fahmi - August 17, 2009

thanks febra atas infonya dua kali aku ikut tes psiko di perusahaan yang notabene lumayan besar.. ya mirip kaya gitu..

1. Tes 8 kotak ( wartegg ) disuruh ngembangin gambarnya
( btw yang bener gimana sih, ada temenku yg bilang dibuat runtutan cerita aja misalnya perjuangan masuk perush tersebut )

2. Tes Gambar pohon n g boleh gambar beberapa jenis pohon
( pdhal g bisa n g apal jenis pohon , paling ideal di gambar
pohon apa ya ? )

3. Tes Gambar manusia lengkap
( thanks buat infonya… aku baru tau klo lebih baik gambar diri
sendiri )

56. Nie is here - October 4, 2009

Waaah… makasih infonya! Soalnya minggu depan saya mau ada psiko tes nih!
Jadi paling gak saya tau psiko tes itu kayak gimana hehehe…. :p
Mau nanya dong,
Yang di atas itu kan psiko tes untuk orang yang akan bekerja.
Nah, kalo psiko tes buat anak SMA kayak saya kayak gimana ya???

57. teamo - October 21, 2009

mas, mau dong tips rahasia psikotestnya..
kalo utk ngitung dari bawah ke atas tipsnya apa ya?
thanks

58. tyo' - January 8, 2010

rasany pngen masuk k SD lgi hehe..
biar bs ngapalin rumus2 lg

59. dea - April 2, 2010

thanks yah :)

dea - April 2, 2010

thanks bgt yah feb :) :) :)

60. denie - July 8, 2010

ok matur thangkiu om,,,,

61. obets - September 19, 2010

bgus jg ni,,,,,
cz bntar lg mau test

62. Yeyen - November 26, 2010

Keren ni posting + koment2 ny!
Aku mo nanya,
aq mo tes d bank syariah,
aq mo gambar cewek berjilbab,
btw, gmn tu!?
Cz ktnya indrany hrs lngkap,
sdang kl pke jilbab, ga mungkn ad gambar telinga kan!
Jd gmn tu!
Terimakash sbelumny!

63. dudut - December 24, 2010

aku pernah mengikuti tes psikotes, tapi di suruh ngejawab pertanyaan. ea intinya jawabannya haruz logiz.
aku gak loloz
truz,,,mau nnanya,,,kalu tez nya menjawab pertanyaan kaya gt,,,di nilainya gmn?gak ngerti,,,zoalnya,,,aku zama temen-temen yang lain ngejawabnya hampir zama.

64. SUTOPO - December 29, 2010

BGAUS JUGA TRIMS XXX

65. firdaus - January 25, 2011

apa sih maknanya kalau disuruh gambar orang

66. firdaus - January 25, 2011

Apa makna gambar orang dlm tes psikotes.

67. gilang - February 17, 2011

kl soal yang kaya pertanyaan gt gmn yang soalnya ada ampe 500an lebih terus di dalam soal tsb banyak pertanyaan yang sama>>mohon bantuannya jawabnya mesti gmn ap tips nya trims

68. likz - February 20, 2011

gw g pande ngegambar –

tiap gambar orang, gua g pande ngegambar secara jelas, walaupun di pikiran ane, udah terpampang yg harus di gambar..

mesti gimana tuh gan?

69. Febra - March 8, 2011

duh..banyak banget yg comment..pusing mau negbalsnya :D

@ likz : aku juga ga pande nggambar..intinya gambar psiko itu bukan bagus/jeleknya gambar kita..tapi lebih mengarah makna dari gambar kita. Kalau disuruh gambar orang jangan bikin gambar kartun, hehe

@ gilang : Loe harus konsisten bro..itu kuncinya!

@ firdaus : ada banyak makna, bingung ak mau njelasinya :)

@ yeyen : loe bejilbab ya? pede aja lagi nggambar diri loe :)

70. davis - April 2, 2011

hmmmm, aku ragu2 karena aku mw tes psiko di smkn1 limajang,

moga aja berhasil

71. v_key - May 12, 2011

Kalo pyshco tes dinilainya berdasarkan apa seh?
saya pernah tes,, tp ga lulus gr2 pyshco tes itu..
perasaan isinya dah bener dan sesuai instruksi.. haha..

72. tava - May 25, 2011

jenis-jenis psychotest yang biasa dilakukan untuk masuk SMA itu apa saja?

73. heri wibowo - December 21, 2011

Bole minta ga artikel nya feb..
Terimakasih

74. dewy - September 7, 2012

DEWI…..thanks to infonya buat mas Febra jg untuk semua yang dah komen….bermanfaat bangat. bulan depan ini diriku akan mengikuti physico test…doakan moga berhasil ya….

75. srikamaningsih - September 27, 2012

bagaimana cara mengerjakan soal yg menggunakan gambar yg serupa ?

76. Johnk678 - May 15, 2014

I got this website from my friend who told me concerning this web site and at the moment this time I am visiting this web page and reading very informative content here. gckeedecbgdf

77. spasiyani - September 24, 2014

hehehehe,… macem2 yah pake segala psycho test, …. koruptor ikut juga ga …????
memang susah punya perusahaan gede, kuatir kena kibul, mending jd pengusaha apa pekerja ya .. ???
.
.
semangat !!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: